BIMBEL IPA DALAM RANGKA PERSIAPAN USBN 2020 di SD ISLAM TARBIYATUS SALAFIYAH

          IPA merupakan pelajaran yang susah-susah gampang untuk dipelajari jika tidak divisualkan. Salah satu topik yang sangat menarik adalah ekosistem, sistem pencernaan dan sistem rangka pada manusia. Terkadang siswa-siswi kurang paham dan tidak tahu ketika ditanya letak hati sedangkan paradigma siswa menganggap bahwa hati terletak di dada bukan di perut. Pada topik lain seperti sistem rangka pun siswa masih kesulitan membedakan mana yang merupakan tulang hasta dan mana yang termasuk tulang pengumpil. Juga pada topik ekosistem, siswa kurang bisa mengaitkan dampak yang ditimbulkan jika salah satu populasi berkurang. Apalagi jika topik ini dipelajari dan dibahas satu persatu tentunya akan menghabiskan waktu yang lebih banyak. 
          
          Dari latar belakang diatas, untuk menguatkan konsep siswa maka guru menggunakan model pembelajaran jigsaw dimana siswa dibagi menjadi kelompok asal dan kelompok ahli. Media pembelajaran yang dimanfaatkan adalah alat peraga pencernaan, rangka dan gambar-gambar hewan yang disediakan guru.  Setiap 20 menit siswa akan bergeser untuk bertanya kepada kelompok lain sesuai topik yang terkait. Terbukti pembelajaran ini lebih efisien dan efektif jika dipelajari dalam satu waktu. Berikut ini foto-foto kegiatan siswa kelas 6 di SD Islam Tarbiyatus Salafiyah : 


Berikut ini hasil diskusi siswa : 


Semoga kegiatan belajar mengajari di kelas 6 menjadi inspirasi untuk semua pihak dan bermanfaat untuk siswa. Mohon doa restu agar siswa-siswi kelas 6 tahun ajaran 2019/2020 lulus 100% dengan nilai memuaskan. AAAMIIIN !! 

Wali Kelas 6 : Candra Setiawan.,S.Pd


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KBM INOVATIF DI SD ISLAM TARBIYATUS SALAFIYAH